Selamat Datang di 'Rumah Biru'

Tempatku Berbagi Cerita, Tempatku berbagi Ceria, Tempatku berbagi Cinta, Tempatku berbagi Cita

Minggu, 11 Desember 2011

Kekasihku - Tengku Amir Hamzah


1. Kekasihku, tiada Engkau tentukan kita berjumpa. Bila masa itu mulai sampai, dapatkah aku melihat wajahMu? Bolehkan aku mengangkat mukaku akan memandang diKau? Akan tahankahh aku ditimpa cahayaMu?


2. Atau Kau nyahkanlah daku dari hadapanMu? Beriring-iringlah aku dengan mereka menuju tempat yang Kau kutuk dan sumpah, jatuh-telungkuplah aku ke atas bumi yang rekah-belah bernapas panas. Akan menyerulah aku padamu ya Kekasihku, adakah Engkau sahuti?

3. Dalam kelamMu Engkau berjanji memberi mereka makanan duri yang maha lancip, wah Kekasihku, rusaklah kerongkonganku, tembuslah dadaku, binasalah badanku, dan Engkau jualah yang menempa diriku ini, Engkau jua yang mematut dia. Aduh, Engkau rusakkan sendiri pigura-arcaMu yang maha-mulia, bisai-permai, mahkota-kerja ….

4. Engkau jauhkan piala itu daripadaku, ya Kekasihku, piala-mutiara, direnda suwarna, diampu-mutu, berisikan serbat halia diperas. Mabuk aku oleh karenaMu, ya Kekasihku, gila-benar, walaupun durjaMu belum kepandang, hanya kataMu sendu-berpadu dalam kalbuku.

5. Mengembaralah aku, Kekasihku, terus-menerus, senja-cuaca di malam-kelam, di pagi-sunyi, akan mendengar pendar suaraMu, akan mengintip kedip mataMu.

6. Dan apa yang kutatap-teliti, mana yang kutenung-tenang terlihat kulah kilat-kilatMu, tahu-terasalah hatiku bahwa seriMu ada di dalamnya, senang-sentosalah jiwa dadaku oleh karena Engkau hampir padaku, ya Kekasihku.

7. Engkau dan aku tiada bercerai, Kekasihku, seperti api cinta cahaya bagai angin menyerak gerak, tetapi Engkau yang mulia-raya kudus-keramat, seri-puji, sekar-sinar dan aku sujud pada jari kakiMu menunggu restu daripadaMu, haus dahaga akan KasihMu.

8. Dari sebab itu rapatkanlah piala itu padaku, ya Kekasihku, piala asmara, rewarna-suwarna, tempat serbat pati halia, bercampur kapur ….

*Tengku Amir Hamzah adalah salah satu penyair Pujangga Baru

Tidak ada komentar: