Selamat Datang di 'Rumah Biru'

Tempatku Berbagi Cerita, Tempatku berbagi Ceria, Tempatku berbagi Cinta, Tempatku berbagi Cita

Senin, 27 Juli 2009

Putra Putri Lawu 2009 -- Duta Wisata Kabupaten Karanganyar..

Dalam rangka mempromosikan potensi wisata Kabupaten Karanganyar sekaligus sebagai upaya melestarikan Budaya Jawa yang adiluhung, Pemkab Karanganyar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan Pemilihan Putra Putri Lawu 2009. Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini dimaksudkan untuk mendapatkan profil Duta Wisata, Seni dan Budaya yang berasal ari generasi muda yang kreatif, inovatif, percaya diri, berpengalaman dan berjati diri, serta ditunjang oleh penampilan yang simpatik. Jadi mereka yang akan terpilih adalah pemuda pemudi yang memiliki keungggulan 3 B, yaitu Brain, Beauty, Behaviour,yaitu cerdas, berpenampilan menarik, mampu berkomunikasi dengan baik dengan tiga bahasa utama yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa serta etika/tata krama yang bersumber dari budaya Jawa.

Setelah melalui seleksi administrasi dan teknis, maka terpilih 65 remaja putera dan puteri yang cantik dan gantheng untuk mengikuti seleksi tertulis, memilih 10 pasang putera puteri (20 orang), untuk selanjutnya dilakukan karantina selama 2 hari di Hotel Pringgosari Tawangmangu. Dalam masa karantina tsb, diberikan materi2 pengetahuan umum, pengetahuan kepariwisataan dan kebudayaan, kepribadian, moral dan etika, pengetahuan kepemerintahan, kemampuan berbahasa Jawa dan adat istiadat di Jawa Tengah, kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan berbahasa Indonesia, kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan publik, serta pemahaman tentang ngudi busono dan ngudi sarira. Yang kesemuanya itu sebagai bekal penilaian atas diri mereka.

Sebagai puncak acara, Sabtu 25 Juli 2009 telah dilangsungkan Grand Final Pemilihan Putra Putri Lawu 2009 bertempat di GOR Mini Nyi Ageng Serang Karanganyar...


Acara yg diselenggarakan oleh para alumni Duta Wisata Kabupaten Karanganyar tersebut berlangsung meriah, dihadiri oleh Wakil Bupati Karanganyar dan Ketua DPRD Karanganyar, serta tamu undangan, orang tua peserta dan para pendukung finalis....


Pertanyaan-pertanyaan langsung dilontarkan oleh Dewan Juri yang berjumlah 5 orang dari unsur perhotelan, pakar kepribadian, pakar human relation, pakar bahasa.....
Sesekali ada kelucuan yang terjadi... Juri bertanya dengan bahasa jawa halus... dijawab pakai bahasa Indonesia... Juri bertanya pakai bahasa Indonesia... dijawab bahasa Inggris... Juri bertanya pakai bahasa Inggris... dijawab pakai bahasa Indonesia.... (tampaknya para finalis semaunya sendiri.... Jurinya cuma manggut2 tersenyum kecut...)
Udah gitu jawaban-jawaban yang keluar dari mulut para finalis tampak kurang pas... Contohnya ditanya tentang MICE ataupun BPTO, jawabnya hanya nyebutkan kepanjangan dari singkatan tersebut... ditanya tentang desa wisata, jawabnya jenis-jenis obyek wisata.... dan masih banyak lagi slenco-slenco yang terjadi.



Terlepas dari itu semua, akhirnya malam itu terpilih putra-putri terbaik Kabupaten Karanganyar. Mereka adalah :
Kelompok Putera:
  • Juara I : Afif Yuliana HR (Kebon Agung Wetan, Desa Suruh Kec. Tasikmadu)
  • Juara II : Juni Panto Susilo (Dalon Rt.1/Rw.11.Desa Ngringo, Kec. Jaten)
  • Juara III : Anggar Yona Kusuma (Jl. Pembangunan III,Desa Jati, Kec. Jaten)
  • Harapan : Yosep Bayu Satrio (Perum Josroyo Indah, Desa Jaten, Kec. Jaten)
  • Intelegensia : Dona Wahyu Aji (Sidomulyo Rt.3/Rw.4 Tegalgede, Karanganyar)
  • Favorit : Fendi Nugroho (Banaran Rt.4/Rw.7 Ngringo, Kec. Jaten}
Kelompok Puteri:
  • Juara I : Diana Farisah (Sangir Selatan Rt.2/Rw,7 Colomadu)
  • Juara II : Rosalina Intan Sari (Jl. Letjen. S. Parman, Pokoh, Ngijo, Tskmadu)
  • Juara III : Alvionita Rhisa (Ngipik Rt2/Rw.5, Bangsri, Karangpandan)
  • Harapan : MetA Dhika (Jl. Medisinae 199, Jati, Jaten)
  • Intelegensia : Yuvana Ma'ana U (Jl.Mawar Barat X/9 Baturan, Colomadu)
  • Favorit : Juwita Rahayu (Brujul Rt,3/Rw.7, Jaten.

Selamat.... Selamat.... Selamat.....
Semoga prestasi dan gelar yang diraih mampu meningkatkan jati diri, serta membawa nama baik keluarga, bangsa dan negara... khususnya Kabupaten Karanganyar..

Sekedar informasi, beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Duta Wisata Kabupaten Karanganyar adalah Juara I Duta Wisata Tingkat Jawa Tengah Tahun 2008 dan berhak mewakili Jawa Tengah ke Tingkat Nasional pada bulan Desember 2009 di Maluku; Juara Duta Bahasa Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2007, masuk 10 Besar Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta, Juara Duta Wisata Jawa Tengah Katagori Persahabatan tahun 2007.

Di samping itu, para Duta Wisata atau Putra Putri Lawu tersebut secara bergantian dilibatkan dalam setiap event besar di Kabupayen Karanganyar, misalnya Kunjungan Presiden, Wakil Presiden danTamu-tamu tingkat Nasional lainya,serta mendampingi Bupati dalam setiap kesempatan, peresmian-peresmian dan Peringatah Hari-hari Besar Nasional dan HUT Kabupaten Karanganyar.

8 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

aku bahagia, sudah menjadi saksi terselenggaranya even ini. Meskipun belum sempurna benar (mengacu pada beberapa even serupa di ranah Kodya Solo), namun sudah lumayanlah...not too bad. Bravo kepada panitia dan dinas yang terlibat. Caio!

RUMAH BIRU mengatakan...

Trimakasih anda telah hadir...
Aku juga bangga..
Yang nyelenggarakan mantan duta wisata.. dengan dana yg mepit..
Aku tidak masuk panitia dan tidak dimintai rembug sih...
Coba kalo aku dilibatkan... pasti lbh oke...? atau malah lebih semrawut...????

indra mengatakan...

haha. ,, .
dari pengamatan dlu pasti masalah dana mepet trus. ,, .kayak gk niat buat acara!!!

dalam koran dan tv dimuat kalo karanganyar gk pernah bersih kalo buat lomba-lomba

bagi mereka yang ahu gk mau dan males buat ikut ajang2 d karanganyar

uda banyak bukti dan reaal!!!

indra mengatakan...

juaranya ada embel2 orang dalem kalo gak ya bayar seperti kasus2 yg diberitakan di berbagai massmedia. ,, .

haha

RUMAH BIRU mengatakan...

>> indra: trimakasih info n kunjungannya... ayo kita buktikan kebenaran....

Diana F Rahman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Diana F Rahman mengatakan...

ngomong2 namanya salah loh juara 1 putrinya. harusnya: diana farisah, hehehe

RUMAH BIRU mengatakan...

@diana farisah: tksh untuk ralatnya..
maaf ya...